Jumat, 02 Mei 2014

Analisa Pribadi: Bedah Video "Dark Horse" - Katy Perry

hai hai selamat pagi.... mau bacanya malem, siang atau sore, tetep aku bakalan bilang pagi yaa biar semangatnya selalu kayak di pagi hari, hehehe
kali ini aku balik lagi, mau ngelanjutin review pribadi aku tentang Dark Horse-nya Katy Perry, sesuai janji aku di postingan sebelumnya, kali ini mau bedah videonya. Inget ya tapi, ini semua cuma analisa pribadi aku aja, berdasarkan dari beberapa sumber-sumber yang udah aku baca sebelumnya.

Mungkin udah banyak juga yang tau ya, video klip ini sempat dicekal sampe akhirnya ditarik dari youtube trus kemudian diedit di beberapa bagian karena dianggap melecehkan umat islam. Berawal dari petisi seorang pria muslim asal Birmingham, Inggris bernama Sazad Iqbal yang meminta video ini dihapus dari peredaran karena video ini sangat melecehkan islam dengan memperlihatkan seorang pria memakai kalung berlafadzh Allah dan kemudian sekejap saja dihancurkan oleh Katy Perry sampe jadi pasir dalam v-klip tersebut. Dia juga mengumpulkan  hampir 65ribu tanda tangan agar v-klip itu dihapus dari youtube, dan alhamdulillah video tersebut akhirnya dihapus dan diganti dengan yang editan sekarang. Nah, FYI aja nih buat temen-temen mungkin yang belum liat v-klip ini di versi awal-awal sebelum diedit, cowo yang make kalung berlafadzh Allah itu dihancurkan Katy Perry dengan sentuhan dan lafadzh Allah di situ keliatan jelas, sementara yang beredar di versi sekarang lafadzh Allah masih ada sih meskipun samar, dan dihancurkan Katy dengan halilintar. Wuuzzzz....





okei, itu sekilas soal pencekalan v-klip ini ya..
lanjut, kita bahas soal alur cerita video nya ya
mungkin aku awalin dari video reviewnya ya, ini video di publish ke youtube
boleh nonton dulu deh biar paham...


Nah disitu kita bisa liat ada penggambaran seorang "Magical-queen" dari Mesir dan ada pelayan-pelayan nya juga yang berkepala kucing. Btw, sebutan fans-nya Katy Perry ini KatyCats kan ya kalo gak salah? hehe jadi buat fans nya Perry kira-kira udah bisa nebak donk apa maksud dan tujuannya? Ngefans sih boleh, tapi jangan sampe diperbudak ya sob :*

Selanjutnya, video trailer menggambarkan bahwa raja-raja berkelana dari Brooklyn ke Babilonia supaya bisa memenangkan hati ratu mesir yang bernama Katy Patra, plesetan dari Cleopatra kali ya. Oh iya, Babilonia kalo temen-temen dulu suka belajar ngaji, pasti sering deh denger nama kota ini. Babilonia adalah salah satu kota besar kuno, dulunya banyak banget kerajaan disini dan udah sejak lama juga jadi pusat ritual sihir dan ilmu hitam. Sekarang Babilonia ini adalah negara Iran sob.
Ada juga penggambaran 'the all seeing eye' di tengah piramida merah di pojok kiri bawah. Hehehe, sepanjang video trailer dan video asli kalian bakalan banyak ngeliat simbol ini kok. V-klip ini memang jor-joran banget ngasih simbol-simbol.

nah ini videonya buat yang belum nonton, silakan nonton dulu

Video ini diambil dengan settingan di Memphis, Mesir. Diawali dengan Katy Patra yang datang dari sebuah tempat naik perahu dan dikawal oleh pelayan-pelayannya. Katy Patra disini digambarkan sebagai sosok yang serakah, gila harta, memanfaatkan laki-laki untuk memuaskan nafsu akan harta. Di sepanjang video juga ditonjolkan bahwa Katy Patra sebagai sosok penyihir licik yang mengontrol semua orang dengan sihir. Bener-bener bukan tontonan yang bagus buat remaja kan? Padahal bisa kita liat di keseluruhan video ini, Katy Patra menggunakan properti yang berwarna-warni, cerah ceria, pokoknya pasti bakalan disukai remaja. Cocok sekali, mengingat target video ini mungkin di peruntukkan bagi remaja. Selain itu fansnya Perry juga mayoritas remaja juga kan? So bisa kita liat, bagaimana cara cerdas mereka menghancurkan dunia melalui generasi muda, menyongsong the New World Order.

Selanjutnya kita bisa liat Katy Patra menggunakan wig putih yang ada cap 'eye of horus' berwarna biru muda. Keren ya?
Lalu ada juga penggambaran Katy Patra berwarna perak tak berbusana, kayak sedang ngajarin tentang sexualitas. Disitu Katy Patra dikelilingi oleh dewa-dewa, dia sendiri menhadap ke arah dewa hanubis, dewa kematian yang berkepala serigala. Dibelakangnya ada dea horus, yang berkepala burung, memakai kalung emas, dan perhatikan, matanya cuma satu. Namun yang paling mencolok dari semua itu adalah Katy Patra yangberwarna perak dililit ular emas yang bergerak, sangat kontras warnanya., Ular, kalo temen-temen tau ya, selalu dekat dengan hal-hal yang jahat dan gaib. Mungkin sosok itulah yang memang ingin ditampilkan dalam sosok Katy Patra di video ini, kekuatan sihir dan ilmu gaib

Lalu sang rapper Juicy J yang muncul dari dalam sarkofagus emas. Mata sarkofagusnya ada segitiganya juga. dan ada mata satu di tengah nya. Kemudian dilanjutkan dengan Katy Patra menari tiang di depan si rapper dengan lantai yang banyak mata horusnya dan diikuti oleh dayang-dayang berkepala kucing di belakangnya. Seolah-olah mengajarkan remaja tentang sexualitas di kalangan remaja, yang sialnya diikuti juga oleh dayang-dayang berkepala kucing yang bisa juga direpresentasikan sebagai fansnya Perry, KatyCats.

Dilanjutkan dengan adegan raja-raja yang datang menawarkan harta untuk Katy Patra. Menurutku pribadi, ini semacam simbol penolakan Perry terhadap semua agama di dunia atau tanda-tanda bahwa 'mereka' ingin menghancurkan semua agama di dunia dan membuat agama baru. Gatau juga sih, wallahualam bissawab.

Berawal dari laki-laki yang datang dengan kalung lafadzh Allah, menawarkan berlian. Berlian menurutku, melambangkan simbol harta/kekayaan, satu dari beberapa hal ya dikejar manusia didunia. Disni Katy Patra mengamati berlian yang dibawa dengan alat kayak mikroskop gitu, tapi lambang mata satu berwarna biru. Lucu banget. Padahal alat itu ga bisa ngeliat juga, Katy Patra malah ngeliat dengan mata kanan, bukan pake alat eye of horusnya itu. Hahaha bego banget!! Trus sampe akhirnya, si Katy Patra menghancurkan si laki-laki menjadi pasir dengan halilintar yang keluar dari mata kursi tahtanya dan mengambil berlian yang di bawa oleh cowo itu buat ditempelin di giginya. Serakah banget, tamak! bener-bener bukan tontonan yang bagus buat remaja.
tapi diluar itu, v-klip ini mungkin juga dibuat untuk membuat kerusuhan, perseteruan diantara orang-orang. Liat aja di youtube , komentarnya lebih banyak berantemnya. hehehe

lanjut, raja selanjutnya yang datang bertubuh gemuk,perut mlembung, dan berwajah agak oriental gitu. Aku menilai maksudnya ini datang dari Cina, beragama Buddha. Mirip patung buddha di wihara, yang sering di kasih dupa sama mereka yang minta kekayaan. Kalung yang dia pakai disitu juga mirip kalung buddha. Disini raja cina menawarkan makanan pedas ke Katy Patra, namun Katy Patra murka karena ga tahan pedes kali ya, tapi si raja cina telat ngasih air minum. Akhirnya raja cina di sihir juga jadi pasir. Terus, dayang-dayang Katy Patra ngambilin air minum pake gelas yang gede banget. Lagi-lagi menuruku, ini menunjukkan keserakahan. Makanan, juga satu dari beberapa hal yang dicari dan dibutuhkan manusia di dunia.

Lalu dilanjutkan dengan raja ketiga, berkulit hitam yang menurutku mewakili keyakinan minoritas di Afrika. Raja ini datang membawa kereta. Disini aku ngeliatnya, si raja datang menawarkan kedaraan/mobilitas, sesuatu yang juga dicari oleh manusia di dunia. Disini, raja ini juga dikutuk jadi pasir, terus ada meninggalkan semacam dadu gitu dua buah yang di gantung di tiang kemudian. Dan aku juga masih belum ngeri ini melambangkan apa, belum nyampe kesitu otak aku sob, hehehe. Maklum, di bagian ini adegan nya cepet banget.

Raja selanjutnya yang datang, adalah raja yang berkepala buaya. Ditangannya ada tatto bertuliskan 'Demons'. Dia membawa dompet emas, yang menurutku melambangkan lifestyle/gaya hidup. Disini jujur aku ga ngerti ini mewakili keyakinan apa, kemungkinan animisme gitu deh, keyakinan minoritas. Disini Katy Patra kaget banget karena si raja berkepala buaya, dia ngerubah raja jadi anjing kecil, kemungkinan itu anjing cihuahua kayaknya ya. Anjing dilambangkan sebagai pengikut yang setia, tapi karena Katty Patra ga suka sama anjing, dia mengusir anjing kecil itu dan si anjing pun menurut, lari terbirit-birit. Menurutku disini, pesan yang mau disampaikan adalah betapa manusia di jaman sekarang sangat diperbudak oleh gaya hidup. Manusia sangat setia mengikuti gaya hidup yang wah dan glamor. Bisa juga melambangkan kualitas loyalitas sumber daya manusia yang pengecut, seperti yang digambarkan pada sosok anjing yang pengecut itu.

Kemudian, raja kelima yang datang membawa kereta dengan memakai kalung segitiga. Aku ga ngerti banget raja ini mewakili agama/keyakinan apa, tapi yang jelas raja ketiga ini mewakili kekuatan.Setelah tadi berlian, makanan, maka sekarang kekuatan, beberapa hal yang dicari dan diinginkan manusia di dunia. Tebak, apa yang dibawa oleh raja ini?? Yap, piramida yang terbelah (unfinished pyramid) terbuat dari emas dan terbang di angkasa. Katy Patra seneng banget dikasih hadiah ini. Menurutku, piramida yang menjulang sampe kelangit ini melambangkan kekuasaan illuminati dan emas yang bercahaya melambangkan kecanggihan teknologi mereka. Katy Patra pun menaiki piramida itu dan tiba-tiba menerima kekuatan super magic, bahkan tiba-tiba punya sayap. Video berakhir dengan adegan Katy Patra berubah menjadi super, semua orang tunduk pada nya, sampe akhirnya raja terakhir ini di sihir juga jadi manusia anjing. Menurtku melambangkan sifat manusia masa kini yang lebih ke-binatangan.

Kalo diliat dari teknik, ini v-klip beneran deh keren banget. Tapi tentu aja  ini tetep bukan tontonan yang baik, banyak mudharatnya hehehe. Dark Horse sendiri, kalo menurutku adalah propaganda illuminati kepada para fans Katy Perry yang mayoritas remaja dan anak-anak, untuk 'brainstorming' atau 'brainwashing' untuk meluruskan niat mereka membentuk tatanan dunia baru (New World Order).

Jadi sampe disini aja analisa pribadi aku. Buat fansnya Perry, kalo tulisan ini kurang enak dibaca, aku minta maaf dulu sebelumnya. Dan buat pembaca yang lain, aku juga gak maksa kalian buat percaya sama tulisan aku. Sekali lagi ini cuma analisa pribadi aku aja, kalo ada kesalahan mungkin boleh di kasih perbaikannya di kolom komentar. Semoga ada hikmah atau hal positif yang bisa diambil dari tulisan aku ini.

makasih ya buat yang udah mampir. ^^







3 komentar:

Rara mengatakan...

Bermanfaat bgt mba Prita MasyaAllah... Harus selektif skrng sama tontonan TV, film, musik, fashion, holiday , jgn sampai salah jalan... Nulis lagi ya mba Jazakillahu:)

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah akk jadi tau sama yang dimaksud sama vidio klip katy ini..parah banget

Unknown mengatakan...

Bagus banget kak aku suka analisanya kakak semuanya bener kalau menurut aku