Rabu, 15 Juni 2016

Jika SIMCARD HP hilang, aku harus apa?

Jika SIMCARD HP hilang, kamu harus apa?

Halooooo…. Hampir 2 tahun ga posting, ini rasanya kayak pertama kali nulis blog lohh… Sempet bingung mau bikin postingan apa, search hal-hal yang sedang hits di social media semuanya gak jauh-jauh dari SARA, terus pencitraan, terus pembohongan social media menggiring opini publik, aiihhhh eneggg banget sumpah!!! So, kali ini, di blog yang mungkin Cuma bakal update setaun sekali ini, ada baiknya aku pikir mungkin kalo diisi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat buat temen-temen semua. Jadi setelah aku pikir-pikir, kenapa gak aku mulai share aja dari pekerjaan yang aku lakukan setiap hari, ya gak? So, diangkatlah tema postingan kali ini, apa yang harus kamu lakukan jika kartu SIM CARD HP kamu hilang? Nah, coba baca sampe habis ya temen-temen, siapa tau suatu saat bermanfaat buat kamu.

Jadi sebelumnya mungkin temen-temen perlu tau dulu kali ya, kenapa tadi diatas aku bilang “pekerjaan yang aku lakukan setiap hari”?? Yap, saat ini aku berprofesi sebagai customer service di salah satu provider yang warnanya merah (hahahahah, yaudah gausah pake istilah-istilah deh :p). Aku kerja di bagian pelayanan di salah satu GraPari Telkomsel di kota Medan (btw di kota Medan ini ada sekitar 12 GraPari dan aku gausah bilang GraPari mana ya, cari aja sendiri :p).

Jadi, setiap hari kerjaan aku ya melayani pelanggan-pelanggan telkomsel yang tercinta ini, termasuk salah satunya case yg paling sering aku handle ini adalah case pelanggan yang ingin ganti kartu karena hp nya hilang. Kita gak bisa menghindar ya, kalo namanya musibah, ntah itu karena hp kita kerampokan, kecopetan, kejambretan genk motor, atau mungkin hilang karena  lupa meletakkan hp. Kita mungkin gak bisa balikin lagi hp kita yang udah ilang diambil orang, tapi kita bisa ngembaliin lagi nomor hp kita yang ilang itu kok temen-temen.  Jadi keluarga, kerabat dan temen-temen atau bahkan rekan-rekan kita gak kebingungan nyariin nomor kita, gak bingung kalo sedang kepengen nelpon atau sms kita. Disamping itu, sekarang modus kejahatan itu banyak lohh temen-temen. Banyak kasus yang aku temuin tuh, si maling yang dapet hp kita yg ilang itu bukan Cuma sekedar ngabisin/transfer pulsa kita, tapi juga nelponin sodara-sodara kita yang ada di contact hp terus minta kirimin pulsa atau malah yang lebih gawat lagi minta transferin uang ke rekening dia. Gawat kan? Oleh sebab itu, kartu SIMCARD  yang udah hilang itu harus segera kita ambil kembali untuk mencegah kartu kita disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

So, untuk mengganti kartu kita yang hilang dengan nomor yang sama, pertama-tama tentu kita harus  dateng ke kantor pelayanan provider tersebut. Disini aku akan cerita untuk provider Telkomsel ya temen-temen. Maka, disini berarti temen-temen harus dateng ke GraPari Telkomsel atau GraPari Mitra atau Gerai Halo terdekat di kota kalian. Nah jika kalian bingung alamat GraPari terdekat dari kota kalian, kalian boleh telfon call centre telkomsel di 133 untuk kartu halo dan 188 untuk kartu prabayar (simpati, kartu as, loop, as flexy).

Terus, setelah sampe di GraPari, tentunya harus ambil antrian dulu donk. Nah, terus tinggal tunggu aja di panggil ke meja counter CS nya. Persyaratan yang harus temen-temen ketahui untuk prosedur ganti kartu (prepaid) ini adalah:

1.    1.    Kondisi kartu harus dalam keadaan mati dan mencapai nada “nomor yang anda tuju sedang tidak aktif atau berada diluar jangkauan, cobalah beberapa saat lagi”.        So, temen-temen harus pastikan kartu temen-temen yang ilang itu emang udah beneran dalam kondisi gak aktif. Bisa temen-temen coba miskol-miskol ke hp yg ilang itu ya, sebaiknya dilakukan sebelum ke GraPari. Karena, kalo ketika di testcall kartunya masih dalam kondisi aktif, CS akan langsung me-reject proses ganti kartunya temen-temen, gak peduli meskipun temen-temen udah antri di GraPari selama 2 jam. Inget, rayuan-rayuan atau sogokan-sogokan gak bakalan mempan kalo sama CS GraPari Telkomsel seluruh Indonesia ya.

2.    2.  Kartu tersebut adalah milik kalian sendiri dan harus teregistrasi atas nama kalian sendiri. Jadi kalo dulunya temen-temen registrasi asal-asalan, atau pada kebanyakan kasus nih, kartunya temen-temen di registrasikan sama mbak-mbak yang jualan kartu, maka prosesnya bakal jadis sedikit lebih rumit. Karena temen-temen jadi harus bisa meyakinkan mbak/mas CS kalo kartu ini memang milik kalian. Proses mungkin bakal gak jadi di-reject, kalau kalian bisa validasi nomor yang sering dihubungi.

3.    3.  Bawa kartu identitas yang ASLI dan MASIH BERLAKU. Kartu identitas yang diterima di Grapari adalah KTP/SIM/PASSPOR/KITAS. Untuk anggota TNI/POLRI boleh mebawa KTA (Kartu Tanda Anggota). Untuk pelajar/mahasiswa, boleh membawa Kartu Palajar/Kartu Mahasiswa yang ada tertera: Nama, Tempat/Tanggal Lahir-nya. Jika semua kartu idntitas hilang, maka bisa dibantu dengan surat resi dari kelurahan yang menyatakan KTP kalian sedang dalam pengurusan.

4.  4.   Siapkan minimal 5 nomor yang pernah kalian hubungi/sms selama 3 bulan terakhir ini. Ini untuk memastikan bahwa kartu memang benar kalian yang menggunakan. Jadi temen-temen ada baiknya menyiapkan dari rumah nomor-nomor siapa aja yang pernah kalian sms/telpon dalam 3 bulan ke belakang ini. Secara prosedur, pelanggan sebenenrnya hanya diminta menuliskan 3 nomor telpon untuk validasi. Tapi inget, CS berhak meminta  5,8 bahkan 10 nomor yang pernah kalian hubungi pada kasus pelanggan yang sangat mencurigakan. CS juga berhak me-reject proses ganti kartu kalian jika CS tidak yakin terhadap pelanggannya. Jadi, agar kartu kalian bisa kembali, ikutin prosedur yang dibilang sama CS nya, siapin nomor-nomornya. Kalo lupa, ntah karena nomor-nomor contact kalian semuanya tersimpan di hp dan hpnya ikutan ilang dan gak ada satupun nomor yang temen-temen inget, maka mau gak mau memang harus kalian cari dulu nonmor-nomor itu ke keluarga, temen, tetangga, atau siapa ajalah yang pernah kalian telpon. Siapin minimal 5, jadi kalo kurang ntar kalian ga repot balik lagi. Terus, boleh juga diinget-inget, berapa nominal pulsa yang kalian isi terakhir kali dan merk serta type hp yang kalian gunakan unuk kartu yang hilang itu.

5.   5.   Untuk kasus pelanggan yang tidak bisa hadir ke GraPari karena sakit, sedang bekerja, tidak punya waktu atau karena berada di luar kota, bisa dibantu dengan menggunakan surat kuasa bertanda tangan pemilik kartu diatas materai 6000, membawa KTP asli dan masih berlaku dari kedua belah pihak (pemberi kuasa dan penerima kuasa) serat contact person pemilik kartu yang bisa dihubungi oleh CS untuk konfirmasi. Kartu yang bisa diproses dengan menggunakan surat kuasa adalah kartu yang memang benar udah teregistrasi sesuai kartu idnetitas. Jika belum teregistrasi, maka harus pemilik kartu langsung yang datang untuk mengurus kartunya.

6. 6..    Jika nomor-nomor yang kalian berikan valid, syarat dan prosedurnya semua bisa kalian penuhi, CS pasti akan langsung memproses kartu kalian kok. Kita para CS juga ga pengen kok mempersulit pelanggan, karena kita emang digaji, dipekerjakan bahkan di training sampe ke Bandung untuk melayani dan membantu pelanggan sekalian dengan service yang harus very exellent , hehehe :p. Kalo sesuai prosedur, ya pasti langsung diproses.  Untuk kartu yang sudah teregistrasi sesuai kartu identitas, tidak dikenakan biaya alias gratis, cuma ada peraturan tambahan yaitu wajib melakukan pembelian di GraPari minimal Rp10.000, baik untuk pembelian pulsa, NSP, paket data internet, maupun kartu perdana, tergantung kebijakan GraPari di masing-masing daerah/area. Jika nomor kalian belum teregistrasi, maka nanti CS akan meminta kalian menuliskan surat pernyataan pada form yang sudah disediakan dan ditandatangani diatas materai 6000. Disini nanti kalian akan dikenakkan biaya materai. Atau, boleh juga siapkan materai sendiri dari rumah supaya gak kena biaya materai hehehe.

7.    7. .  Setelah kartu nya diberikan oleh CS, maka kartu itu harus segera kalian aktifkan di hp dan segera lakukan panggilan keluar atau panggilan masuk (telpon dari nomor lain ke nomor kalian yang baru diaktifkan CS). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kartu kalian sudah aktif kembali dan kartu yang saat ini ada ditangan pencuri sudah tidak bisa digunakan lagi. Oiya, temen-temen harus tau bahwa, 1 kartu hanya bisa aktif untuk 1 nomor MSISDN aja ya.

Nah, itu tadi untuk kartu prepaid. Kalo kartu kalian adalah kartu pascabayar (kartu Halo), maka yang perlu kalian lakukan setelah sadar kartu kalian hilang adalah melakukan telp call centre 133 untuk pemblokiran sementara kartu halo. Kartu pasca bayar bisa diblokir sementara agar tidak disalah gunakan sama yang dapet hp nya kalian. Tapi sayangnya hal ini ga bisa dilakukan untuk kartu prepaid ya temen-temen, khusus untuk kartu Halo aja. Terus, setelah dibllokir via call centre, kalian bisa langsung secepatnya dateng ke GraPari untuk proses ganti kartu. Yang dibawa cukup KTP aja (boleh diganti dengan SIM/PASSPOR/KITAS). Jika pemilik kartu berhalangan hadir, boleh menggunakan surat kuasa juga kayak ganti kartu prepaid, dengan syarat yang sama juga ya temen-temen.

Nah, segitu aja dulu postingan untuk kali ini ya. Oh iya, ini adalah prosedur standar yang update pertanggal 15 Juni 2016 ya temen-temen. Syarat dan prosedur bisa aja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari perusahaan PT Telekomunikasi Selular dan  kondisi pelanggan yang juga semakin berkembang dari waktu ke waktu. Untuk temen-temen yang nanya gimana kalo untuk provider lain, ya mohon maaf aku ga bisa jawab karena aku gaktau hehehe. Tapi kemungkinan kurang lebih sama. Karena aku pernah nanya ke temen aku yang kerja di XL dan pernah juga melakukan proses ganti kartu hilang di Three Store, prosedur dan syaratnya juga kurang lebih sama kok, mirip-mirip.

So, mudah-mudah an postingan ini bermanfaat untuk kalian ya temen-temen. Kalo ada yang mau ditanyakan sehubungan dengan postingan ini (jangan tanya yang lari dari topik ya), boleh ditanyakan di kolom komentar. Untuk pertanyaan yang bisa aku jawab, pasti bakal aku jawab. Tapi kalo pertanyaan yang kira-kira jawaban nya akan melanggar kode etik profesi, mohon maaf akan aku delete yaa ..

Akhir kata,
Makasih udah mampir dan nyempetin baca blog aku.
See you on next posting



4 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalo di daftarin ulang no ktp dan kk baru apa data yg lama sudah hilang?

Mujaitun Tukiman mengatakan...

Coba dilihat juga juga Tips Memilih Agen Pinjaman Online

Unknown mengatakan...

Apakah nomor kontak di kartunya kembali juga?

Anonim mengatakan...

halo. abis dr 3store, disuruh bikin surat kehilangan ke kepolisian dulu. Cara dan syarat bikin surat kehilangannya gimana ya? harus di polsek daerah asal atau bebas dimana aja ya? Mohon bantuannya. Terimakasih