Rabu, 14 Mei 2014

Sharing Pengalaman LASIK Mata

hello ^^
Sesuai janji aku di halaman facebook pribadiku sebulan yang lalu (hehe), aku mau share pengalaman pribadiku operasi LASIK mata. Kenapa sih lama banget, sebulan baru sharing? Iya, soalnya selama sebulan ini, mata aku bener-bener masih gaenak banget kalo harus ngekiat leptop, mata aku belum sembuh total, masih ada efek habis operasi.Terus kalo udah sebulan gini kan banyak yg bisa aku share ke temen-temen, misalnya kayak rasanya setalah sebulan ini, apa aja perkembangannya, dsb. So, hari ini, pas deh besoknya sebulan aku operasi, alhamdulillah mata aku udah mulai baikan. Nih aku ceritain dari awal banget ya, terus juga bakal aku tambahin dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan temen-temen yang udah nanya-nanya lewat inbox facebook. 



Jadi, buat temen-temen yang belum tau apa itu LASIK, nah aku kasih tau dulu kali ya, LASIK adalah singkatan dari Laser Assisted In-Situ Keratomileusis. nah, LASIK adalah operasi (lebih tepatnya disebut 'tindakan' yaa sebenernya) yang menggunakan alat mikrokeratom untuk membuka lapisan kornea mata, kemudian dilakukan excimer laser untuk menghilangkan sebagian kornea. Teknologi canggih ini bisa membentuk kembali lapisan kornea mata dan secara permanen bisa menyembuhkan miopia (rabun jauh) serta astigmatisme (mata silindris). Nah, jadi buat yang kemaren nanya di facebook, LASIK bisa nyembuhin mata silindris apa enggak, jawabnannya bisa ya.
Sampe sini temen-temen udah ngerti belum? Kalo belum, singkatnya gini deh, LASIK itu tindakan/operasi kornea mata dengan laser supaya mata kita yang minus/silindris bisa balik lagi jadi normal. Gitu, hihiihii.

Prosesnya gimana sih?
Prosesnya, secara sederhana gini deh (ya aku taunya juga yang secara sederhana, kalo secara ilmiah ya dokter spesialis matanya yang ngerti donk ya, hehe). Jadi pertama lapisan atas kornea mata itu dibuka dulu, terus dilaser sebagian kayak yang aku jelasin tadi diata. Ntar pas dioperasi, mata kita itu kayak di kasih penyangga gitu dari kertas atau kain gitu, kurang ngerti juga, jadi kita bisa tetep ngerasa bisa berkedip waktu operasi padahal ya enggak, mata kita disangga supaya bisa dibuka lebar-lebar. Terus abis itu, lapisan atas yang dibuka tadi dikembalikan lagi ke posisi semula buat nutupi daerah yang dioperasi, soalnya yang dioperasi cuma bagian dalemnya aja. Jadi bagian kornea mata sama sekali ga disentuh. Nantinya irisan tersebut akan secara alami nyambung sendiri, tanpa proses jahit-jahit atau ngelem-ngelem :D Nah, kalo di tempat aku operasi, di Medan Eye Centre, semua proses operasi di dalem itu bisa diliat sama keluarga kita. Kita dioperasi di ruangan steril yang transparan gitu dari kaca, terus ada kamera dan monitor juga, jadi orang tua atau keluarga kita bisa liat mata kita diapain aja sama dokter. Aman ya, gausah takut mal praktek, hehe.
Nah, seharusnya setelah proses ini, ga ada rasa sakit sama sekali, kecuali rasa gatel. Seenggaknya gitu yang aku tau dari penjelasan dokter dan berdasarkan hasil googling, cuma mungkin kebetulan mata aku ini super sensitif banget, jadi abis selesai operasi mata aku tuh ngeluarin air mata terus selama 1 jam kira-kira, tapi memang gaada rasa sakit. Terus, sehabis operasi itu, aku wajib netesin 2 macem obat tetes, yang satu namanya Tobradex, semacam obat anti-bakteri atau penyembuhan gitu, aku juga kurang ngerti, yang satu lagi artificial tears alias air mata buatan. Nah, Tobradex ini nih yang waktu 1-3 hari abis operasi, kalo ditetesin ke mata itu rasanya rada perih dikit, bentar aja sih tapi, sekitar 1-3 detik gitu perihnya, abis itu normal lagi. Itu ditetesin tiap 4 jam, jadi sehari aku netesin 4-5 kali. Kalo yang artificial tears itu tiap 3 jam, tapi kata dokter kalo mata terasa kering boleh langsung ditetesin aja.
Sampe sini jadi takut mau LASIK? Ga perlu. LASIK ini prosesnya cuma 15-20 menit aja kok. Kira-kira 10 menit mata kanan dan 10 menit mata kiri. Pas dioperasi kita sadar, walopun kita sebelumnya disuruh minum obat bius dulu sih, jadi kita berasa lemes dan ngantuk. Tapi tenang, waktu dioperasi kita ga ngerasain apa-apa kok, kecuali perasaan pengen berkedip dan mencium aroma rambut dibakar (mungkin itu aroma lasernya kali ya, hehehe).

Nah, selama proses penyembuhan, mata aku juga berangsur-angsur baik penglihatannya. Mata aku aslinya minus 6,75 silindris 2,75 dan udah pake kacamata sejak kelas 6 SD. Kalo ditanya sebab, aku memang suka membaca, walaupun nonton tv kurang suka sih. Aku membaca bisa tahan 8-10 jam ga berhenti. Nove nih misalnya,l Harry Potter itu udah abis aku garap 1-7 dan bacanya sekitar 2-3x per novel. Tapi ternyata bukan itu sebabnya mata aku terus bertambah minusnya, ternyata memang keturunan gitu dari papa aku, kami punya bola mata yang terus memanjang seiring bertambahnya umur. Jadi, mungkin buat yang pernah kenal sama aku dan keluargaku, kami sekeluarga memang pake kacamata semua. Jadi, untuk temen-temen yang pengen LASIK tapi punya kelainan yang sama kayak aku, mendingan LASIKnya nunggu umur pertumbuhan berhenti aja. Normalnya manusia berhenti tumbuh itu usia 25, jadi aku sekarang LASIK usia 24, masih ada kemungkinan minus mataku naik lagi setelah LASIK, walopun ya kalo naik juga kemungkinan ga banyak, sekitar 0,5.
Selama seminggu, mata ga boleh kena air, jadi kalo wudhu tayamun aja.  Sebulan ga boleh berenang. 2-3 hari pertama, kita wajib pake kacamata pelindung, karena mata belom boleh kena angin. Jadi kalo tidurnya pake kipas angin, mending gausah pake dulu, tahankan aja panas-panasan supaya matanya cepet sembuh. Aku sendiri, sampe sekarang pun, hampir sebulan, mata aku belom pernah kena air langsung. Jadi kalo mandi, wudhu atau keramas, merem aja, trus ngelapnya pelan-pelas  pake handuk. Oiya, mata juga ga boleh dikucek, karena lapisan matanya kan belom tau udah beneran nempel permanen apa masih labil. Jadi kalo terasa gatel, tetesin aja tetes matanya yag artificial tears. 3 hari pertama aku tidur pake kacamata pelindung. ini supaya mencegah tangan kita yang latah mengucek mata kalo gatel. Tapi sampe sekarang, kalo berkendara, aku masih pake kacamata pelindungnya supaya ga kena debu. Diejekin juga sih sama temen-temen, ada yg bilang kayak power rangers lah, syahrini lah, macem-macem. Aku sih ya udah biarin aja, soalnya kan ini demi kebaikan mata aku hihihihi. Btw, kacamatanya memang anti-badai gitu loh, (syahrini keleeuss). nih fotonya..



Nah, proses penyembuhannya sendiri itu bertahap. Waktu 1 hari pasca LASIK, minus mataku masih 2,75. Terus 1 minggu kemudian aku kontrol lagi, disitu minus mataku udah 0,5 dan silindris udah 0. Besok, tanggal 15 Mei, tepat sebulan aku LASIK, mudah-mudahan minusnya udah berkurang banyak. 
Kondisi penglihatan aku saat ini, masih rada kabur dan berbayang, tapi berdasarkan hasil googling kata orang-orang  yang pernah LASIK, ini namanya efek ghosting. Jadi masih sedikit kabur kayak masih mata minus, cuma bedanya udah bisa ngeliat yang jauh. Terus juga masih agak susah ngeliat di malam hari, apalagi kalo udah kena cahaya lampu, itu jadi gaenak banget penglihatan. Tapi menurut orang-orang yang pernah LASIK, pandangan ngeblur kayak gitu tuh normal, memang kayak gitu prosesnya, bahkan ada yang sampe 6 bulan baru normal. Apalagi minus aku kan tinggi, jadi ya memang gitu. Tapi besok tetep bakal aku tanyain ke dokter nya, jadi biar lebih pasti. Karena di konsultasi awal, memang udah dijelasin kayak gitu, dan penglihatan akan  normal dalam 1-3 bulan. 

Oh iya, mata aku juga dari selesai LASIK sampe skrg masih ada bercak merahnya. Tapi ini memang kesalahan aku sih, karena waktu operasi aku memang tergolong lasak. Ya maklum, ini pertama kalinya operasi seumur hidup, jadi waktu mau dioperasi tuh parno-parno sendiri, kaget-kaget terus waktu mata mau dioperasi, padahal ya gak kenapa-napa, hahaha.
Nih aku kasih foto-foto perkembangan kondisi mata aku beberapa hari setelah LASIK.

2 hari after LASIK



 5 hari after LASIK



 10 hari after LASIK



1 bulan after LASIK

Temen-temenku, rata-rata nanya di instagram, kenapa merah kayak berdarah gitu. Terus mereka jadi serem mau LASIK, apalagi temen-temenku yang pernah nonton final destination 5, langsung serem-serem takut bola matanya jatoh lah, apalah, haha. Padahal, operasinya sendiri gak terasa apa-apa..

Efek abis lasik apa sih?
Kalo aku sih sejauh ini gaada efek yang terlalu menganggu ya. Palingan ya ghosting itu doank sama blur pandangan kalo kena lampu jalanan. Kadang-kadang mata bisa terasa kering sekali, apalagi kalo kita sehari-hari di ruangan AC, mata bisa berasa kayak ada pasirnya. Mata merah juga masih, tapi ini gak mengganggu sama sekali, kecuali mengganggu penampilan, heheh. Terus mata suka pegel dan gatel, tandanya harus ditetesin obat tetes. Terus mata juga cepet lelah, jadi belom bisa lama-lama main gadget atau didepan leptop, ya idealnya abis operasi memang harus banyak-banyak istirahat yaa. Aku 2 hari setelah operasi juga ga liat-liat bb dan ga nonton tv, banyak-banyakin merem aja, supaya mata jadi lebih enak.

Ada efek sampingnya ga?
Kalo berdasarkan hasil konsultasi sama dokter, efek samping dari LASIK ini bener-bener ga ada. Kemungkinan berhasilnya 99%, 1% nya adalah kesalahan perhitungan minus mata yang gak jadi 0 atau malah berlebihan jadi malah matanya plus (rabun dekat), ini dinamakan under correctioni atau  over correction, dan inipun jika terjadi, bisa dilakukan tindakan lasik ulang.  

Terus cerita biaya, mahal gak sih?
Hemm cerita biaya, sebenenrnya mahal memang relatif ya. Kalo buat aku pribadi ya mahal banget kalo bayarnya pake uang sendiri, secara belom punya penghasilan tetap hehe.
Jadi awalnya aku dateng dan berniat LASIK di SMEC (Sumatera Eye Centre), disana biaya LASIK adalah 9,5juta per-mata. Tapi pada saat aku mau operasi, aku ada tanda tangan surat biaya gitu. Kurang aku perhatiin juga sih, rinciannya apa-apa aja, pokoknya yang aku liat disitu totalnya Rp 23 juta. Yaudah karena orang tua juga oke, akhirnya aku cuma tanda tangan doank. Nah ini belum termasuk biaya konsultasi dan biaya pemeriksaan awal sebelum lasik serta biaya obat-obatan yang harus ditetesin dan diminum sebelum kita di LASIK. Kalo aku ga salah biaya konsultasi sekitar 230ribu gitu, terus biaya pemeriksaan nya sekitar 500ribu-an, biaya obat-obatan pra LASIK sekitar 200ribu-an. Sekali lagi, aku kurang memperhatikan, karena aku memang cuma tanda tangan aja, urusan lainnya kebetulan orangtua yang ngurusin.
Nah, pada saat mau dioperasi, alat LASIK di SMEC rusak. Disitu aku udah mau pake baju operasi tuh, udah siap-siap ga pake parfum, ga pake deodorant karena udah dikasih tau sebelumnya kalo parfum dan deodorant bisa merusak gelombang apaaa gitu, jadi bisa menghambat proses LASIK. Pas dikasih tau kayak gitu, aku kesel banget donk, mana mbak-mbaknya bilang, belum tau kapan alatnya bakal bener lagi. Bisa sebulan. 2 bulan atau setahu. Huff.Tapi alhamdulillah, alatnya rusak pas aku masih pake baju operasi. Bayangin kalo alatnya rusak pas aku sedang dioperasi, wah bisa gawat, jangan-jangan jadi bener-bener kejadian yang film final destination, hehe. Akhirnya, aku dirujuk ke Medan Eye Centre (MEC). Nah di MEC, aku menjalani pemeriksaan mata ulang pra lasik, walaupun aku udah diperiksa kemarin di SMEC. Waktu sedang diperiksa, mbak-mbaknya ngajak ngobrol, terus bilang kalo biaya LASIK nya 16 juta, jadi 8 juta per-mata. Lebih murah yaa.... Cuma karena aku pasien rujukan trus udah dicover duluan dari SMEC, jadi yaudah deh aku iya iya aja (padahal selisih biayanya bisa buat modal gedein bisnis tuh). Terus disini, biaya konsultasi dokternya juga cuma 160ribu per kedatangan. Dokternya juga ramaaaaah banget, baik sama pasien, ngejelasin nya detail. Dia juga ga marah kita banyak-banyak nanya. Namanya dokter Indra Azrial, SPM kalo gak salah. 
Nah untuk kontrol selanjutnya, aku lebih memilih kontrol ke MEC aja deh, gak balik lagi ke SMEC walaupun udah dicover disana. Karena aku pikir, aku operasi sama dokter di MEC, yang paling tau tentang mataku  ya dokter disini, masa kontrolnya ke dokter lain sih. Yaudah, akhirnya aku dan ortuku memutuskan kita kontrol ke MEC, walaupun jadinya bayar lagi. Disini, biaya kontrolnya 160ribu. Terus abis kontrol, aku dikasih obat juga, Tobradex  dan Artifiacial Tears plus sama multivitamin gitu buat penyembuhan. Totalnya 360ribu, berarti harga obatnya sekitar 200ribu-an. Nah, beberapa minggu kemudian, aku iseng nanya-nanya ke apotik, berapa harga obat aku itu. Jadi harga obatnya memang mahal, Tobradex  harganya 90ribu, Artifiacial Tears harganya 60rb atau 70rb gitu. Jadi rencananya, besok kontrol ke dokter cuma ambil resep aja, obatnya beli di apotik luar, hihihi *hemaaaat*

Nah, sekaarang kondisi mata aku udah berangsur-angsur membaik. Mudah-mudahan cepet normal ya, aku juga pengen ngerasain ngeliat dunia tanpa kacamata.

oh iya, ini sekedar saran, waktu aku sedang diperiksa mata di MEC, mbak-mbaknya bilang kalo mata aku ini super sensitif, karena kena cahaya agak lama langsung berair. Katanya untung aku ga pernah pake softlense, kalo enggak mungkin kornea mataku udah sobek-sobek Terus, aku iseng nanya, jadi kalo mata ga sensitif, boleh donk pake softlense? mbaknya bilang, mata kita itu kan aset dek, apapun benda asing ya usahakan jangan sampe masuk mata. Debu aja yang kecil kalo bisa jangan sampe masuk, apalagi softlense, mau kandungannya air kek, apa kek, tetap statusnya dia benda asing, kalo masuk ke tubuh, apalagi mata, ya bisa bahaya. Mungkin gak sekarang, tapi beberapa tahun lagi, kita gaktau.. 
Ihhh aku dengernya serem-serem sendiri. Untung deh, ternyata ini firasat mama ngelarang aku pake softlense, untung ga pernah bandel ngelanggar kata-kata mama, hehehe. Jadi buat temen-temen, aku saranin ganti ke kacamata aja deh, jauh lebih aman. Saran aja kok, kalo gak mau yaudah gapapa juga ^^

Jadi gimana? masih takut mau LASIK? hoehehehe

yaudah, segitu aja dulu cerita ku ya.
kalo ada yang mau ditanya, atau mau sharing pengalaman soal LASIK, boleh di kolom komen yaa 
Terimakasih sudah mampir, semoga postingan ini bermanfaat :)


30 komentar:

Unknown mengatakan...

doakan bisa lasik juga ya neng.. ga tahan bongkar pasang softlens aja. walaupun masi lebih praktis dari kacamata. *masi bandel*
congrats ya udah punya mata baru ciyehhhh :')

Prita Priyono mengatakan...

kaka @rizayu paradita : amiinn... semoga bisa segera ya kak, mari kita kerja lebih keras lagi kak supaya keinginan tercapai :) maaci kaka guek, me love you mwach :*

Unknown mengatakan...

Mau nanya nih sist saya juga abis di lasik nih udah 3hari tapi mata kiri saya masih buram tapi yang kanan sudah agak normal tidak seperti mata kiri apa sist juga merasakan yg sama atau tidak setelah 3hari pasca lasik dan akan normalnya berapa hari makasih yah

Unknown mengatakan...

Ohh iyaah jawabnya kesini yaa dzulkiflisalam62@gmail.com

Timotius Joso mengatakan...

kalau sekarang matanya gimana?? udah benar2 normal belum?

Unknown mengatakan...

Yah kak aku kan suka pake softlens terus gimana dong kalau aku suatu saat mau dilasik? Nanti mata aku kenapa napa lagi kak :(

Unknown mengatakan...

Mata aku skrng minus 6,75 kiri kanan dan silinder 2 kiri kanan. Sebelum di lasik pernah ga ngalami kaya lampu berkedip atau kaya redup gitu

diplodoCus mengatakan...

Thanks infonya kak. Insyaallah mau lasik besok dan lagi harap2 cemas wkwk soalnya minusku gede banget kanan-kiri 9 haha

Unknown mengatakan...

Pengen lasik dari 14thn yang lalu, lasik pertama kali ada di Medan itu wkt di RS.Gleneagles / Colombia skrng, sampai skrng ga kesampaian.. ga ada uang lebih.. :(
Maklum org susah..

Yubikanobi mengatakan...

Kaak, boleh minta kontaknya? Ingin nanya banyak hal? Atau email2an deh 😂

www.yubikanobi.com

Unknown mengatakan...

. aku juga pngen tapi , jauh.. Biarpun uang selama aku kerja setahun habis untuk bayar operasi, yg penting bebas dari minus, cozx minus mematahkan semangatku...

Unknown mengatakan...

Ngumpulin duit dulu berarti ane mah. Buat survive beli obatnya xD

Unknown mengatakan...

Ngumpulin duit dulu berarti ane mah. Buat survive beli obatnya xD

Unknown mengatakan...

Kakak operasi lasiknya lasik apa kak? Z lasik kah?

Unknown mengatakan...

Assalaamu'alaikum. Lasik sama laser beda apa sama sih ka?
aku tgl 25 lasik d cicendo. Kan mataku 22nya bagus, cuman ada bayangan gtu. Tp dr nya ga nemuin byangan nya. Aku heran dehh ����. Terus d cek lg sama dr yg cwe. Kt dia ada penipisan, tp aku lupa istilahnya apa. Terus d saranin buat lasik. 1 hari stelah lasik mata ku jd buram gtu klo ngeliat, bahkan gbisa baca. Apa emg efek lasik kaya gtu??

Foodie Goodie mengatakan...

Apakah ada efek negatif stlh 3 thn lasik?

Adriana mengatakan...

Thzz.. bwt pencerahan nya .klo blh tw sblm operasi di cek drh jg? Dan jeda brp lama?

Anonim mengatakan...

Ka kalo kacamata syahrini gitu namanya apaa ya?��

Unknown mengatakan...

Kemarin saya berobat ke SMEC..
Kta perawat nya gak ada lasik di SMEC..
ada nya d jakarta...

Unknown mengatakan...

Kak aku mau nanya.
Mata mnus sejak lahir bsa gk di lasik minus mataku uda 12

Anonim mengatakan...

kak prita sy mau tanya. sy ud lasik di ciputra smg 3mggu yang lalu. 10 hari yg lalu sy mengalami masalah yg sama pendarahan di subkonjuctiva seperti kak juga. dan di beri obat oleh dokter akan hilang 1 sampe 2 minggu.jadi tidak masalah. cuma yg bikin deg deg an.penglihatan agak buram.apa kadang bisa fluktuatif seperti itu . apakah kak prita udah clear sekarang? tolong di balas ya kak makasih

Anonim mengatakan...

balasan email ke itjiptosari@gmail.com ya kak makasih

Raka Adhyatma mengatakan...

woah very great article. super detail information and great experience. thank you for sharing this article. I'm happy to see the result laatjeogenlaseren.nl

Sinta Wiranata mengatakan...

Amazing experience. How do you feel about your second lasik?. Will you planning with another lasik again?. It was so interesting memory that you have I guess. Thanks for sharing.

Rie mengatakan...

Hai aku mau nnya2 dong
Aku minus 7.50
Pemakai softlens aktif dari smp
Ada planning mau oprasi di cicendo juga ..
Boleh sahring2 pengalamannya ga

Ini emailku wudurie@gmail.com

Unknown mengatakan...

Aku mau dioperasi tapi berapa yah biaya. Soalnya ngumpulin duit dulu, maklum orang susah.

Avitriani mengatakan...

Sebaiknya jangan pakai softlens mbak
Karna dapat merusak juga

Saya sekarang minus 9
Minggu depan bismillah operasi lasik

Avitriani mengatakan...

Bisa kok
Saya juga minus 9 minggu depan di lasik

Anonim mengatakan...

Semoga suatu saat nanti bisa Lasik:')

Sindy Ria Nita mengatakan...

Minus aku udah 10 kanan dan 12 kiri, udah pake kacamata dari SD kelas 2 kira kira masih bisa lasik ga ya? Semoga suatu saat bisa lasik Aamiin 🤲