Kamis, 07 Agustus 2014

It's my GUITALELE

Ini postingan pertama aku tentang musik. By the way, aku kenal sama alat musik gitar sejak TK karena papa aku suka main gitar, beliau main gitar classy. Trus pengen belajar main gitar SD, tapi mulai start belajar gitar pas SMP kelas 2. Itu juga belajarnya otodidak, belajar lewat buku musik, yang waktu SMP dikenal dengan nama MG (gatau juga MG itu singkatannya apa, hehe).

Jadi, awal cerita guitalele ini, awalnya aku emang suka manfaatin waktu senggang buat nyanyi sambil main gitar. Nah, belakangan waktu senggang aku lebih banyak dihabiskan di mobil atau di rumah sakit (papa aku sekarang sedang di rawat di rumah sakit udah hampir 12 harian karena xerosis hati). Jadi, pengan banget punya gitar yang bisa dimainin kapan aja. Tapi ga mungkin aku bawa gitar papa yang gede itu dari rumah kan? Terus, mulai teringet sama ukulele. Tapi, ukulele kan senarnya 4 yah? Nah beberapa waktu kemarin, aku sempet beberapa kali megang ukulele punya pacar dan ga bisa  maininnya. hahahah. Akhirnya, aku googling dan dapetlah GUITALELE. Psstt, ini alat musik pertama yang aku beli dengan duit sendiri, hehehehe. Yeaaayyy...

 photo source: instagram.com/pritapriyono




Guitalele ini aku beli sekitar seminggu abis lebaran 1435 H, di Istana Musik jalan Pemuda Kesawan Square, Medan. Bukan maksud promosi sih, sumpah gaada hubungan apa-apa dengan toko yang menjual alat musik ini. Kenapa aku recommed ke sini, karena toko ini adalah dealer resmi alat musik Yamaha. Berhubung guitalele yang aku pengen beli adalah Yamaha, jadi aku langsung kesini aja deh. Aku beli seharga 450rb. Harga resmi Yamaha ada 580rb, cek aja di website resmi Yamaha. Tapi aku dapet diskon kata mbak-mbaknya, gatau juga dapet diskon apa, mungkin diskon Idul Fitri kali yee.. jadi aku dikasih harga 450rb deh.. hehehehe. Oiya, kalo guitalele ini, di dalemnya udah include softcase standar yang warna item yaa. Plus penjelasan tunning nya juga ada di dalem. 
ini penampakan bodinya lebih detail
photo source: instagram.com/ajiwicak


Jadi guitalele ini adalah gitar dengan ukuran yang lebih kecil, sekitar 1/4-nya gitar biasa. Guitalele ini adalah hasil 'perkawinan silang' antara gitar klasik dan ukulele tenor. Senarnya nylon kayak gitar klasik. Kalo mau ganti senar, tanya sama abang-abang yg jual, bilang aja senar buat guitalele. Nah, buat temen-temen yang terbiasa main gitar string, mungkin denger suara guitalele ini akan terdengar sedikit 'aneh'. Tapi kalo terbiasa denger permainan gitar klasik, mungkin ga akan terlalu asing sama suara yang dihasilkan dari guitalele ini. Suaranya mirip gitar klasik, mirip ukulele juga. Tapi kalo lama-lama dimainin, ntar juga bakal jadi terbiasa kok. Aku aja, sekarang lebih sering megang guitalele ini dibanding gitar Yamaha jumbo. Soalnya guitalele ini praktis, ukurannya kecil, kapan aja dimana aja tinggal genjreng, hahahaha..

Spesifikasi singkatnya ini:
Kayu top: Spruce
Kayu back n side : meranti
Neck : Nato
Fingerboard: sonokeling
Board: sonokeling
color: natural matte
weight: 1,2 kg

Oiya, untuk tunning standar nya, guitalele ini beda dengan tunning gitar biasa.
ini aku fotoin tunning standarnya

photo source: instagram.com/pritapriyono

jadi tunning standarnya:
senar 6 : A
senar 5 : D
senar 4 : G
senar 3 : C
senar 2 : E
senar 1 : A

Jadi chordnya naik 2,5 kalo main di gitar biasa, atau sama kaya main pake capo di fret 5 kalo di gitar biasa. Otomatis suaranya jadi lebih tinggi kan, jadi buat yang biasa main gitar, butuh penyesuaian kalo main guitalele ini. Mulai dari penyesuaian suara karena lebih tinggi dari biasanya, penyesuaian kuping karena suara yang keluar dari guitalele ini lebih keren tapi lucuuuukk, terus pastinya penyesuaian jari lah ya, walaupun ukuran neck-nya sama lebarnya, tapi tetep kolomnya lebih kecil, jadi jari-jari yang awalnya bebas lincah, kalo main guitalele harus disesuaikan biar kalo lagi mencet senar suaranya tetep pas.
Nah, karena aku perempuan, kondisi ini alhamdulillah jadi menguntungkan karena banyak lagu-lagu yang aku mainin biasanya bernada rendah dan sedikit kesulitan waktu nyanyiin lagu, dengan ini jadi pas sama suara aku, ga perlu pake-pake capo segala, hehehe. Tapi aku masih sedikit kesulitan kalo mau nurunin chord, maklum aku meskipun bukan newbie tapi tergolong males belajar upgrade skill gitar, jadi permainannya segitu-gitu aja, hehe.

Nah, buat temen-temen yang mau beli guitalele kayak gini, semoga postingan aku ini bermanfaat yaa..
kalo ada yang salah, CMIIW , mohon maaf. Kalo ada yang mau nanya-nanya, boleh di kolom komentar yaa

see you at next posting :)





27 komentar:

Unknown mengatakan...

unik sekali ya namanya guitalele, untuk perempuan pemakaiannya susah gak? hahaha soalnya aku tertarik pgn punya tapi skill gitarku gak bagus2 amat cuman bisa kunci dasar aja :D

Anonim mengatakan...

mau tanya dong, berarti kalo mau main lagu, chord gitar yang udah ada harus diconvert jadi naik 2,5 gitu?

Anonim mengatakan...

mau nanya dong chordnya sama atau beda sih sama gitar biasa thank you :)

Unknown mengatakan...

Sama itu chordny bro.. yg terbiasa maen gitar gde tak saranin buat ganti senar string..trs nyari yg tuning standartny kyk gtr gde..di jamin travel km smakin enjoy..klo gk ganti snar string jelek bro..suarany mlempem kyk krupuk di ksh air..

Melia Oktafiana Kusuma mengatakan...

Ini beli dimana ya kok murah banget

Unknown mengatakan...

Klo tuningnya di standar,,kuncinya tetep sama ga??

Unknown mengatakan...

Klo tuningnya di standar,,kuncinya tetep sama ga??

Priyono mengatakan...

Pengen gitar ini.

Priyono mengatakan...

Pengen gitar ini.

Unknown mengatakan...

Beli kpn gan??Murah gila...Gw beli seken aja 500, barunya di store Yamaha 700an th 2015
Kalo tuning gw samain gitar biasa E A D G B É

Unknown mengatakan...

Beli kpn gan??Murah gila...Gw beli seken aja 500, barunya di store Yamaha 700an th 2015
Kalo tuning gw samain gitar biasa E A D G B É

Dare mengatakan...

silakan sist.. selama stock masih ready
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-hofma-sofran
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-ray-hitam-doff-matte

Dare mengatakan...

silakan sist.. selama stock masih ready
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-hofma-sofran
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-ray-hitam-doff-matte

Dare mengatakan...

silakan sist.. selama stock masih ready
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-hofma-sofran
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-ray-hitam-doff-matte

Dare mengatakan...

silakan gan.. selama stock masih ready
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-hofma-sofran
https://https/onderdilgitarcmh/gitar-gitalele-ray-hitam-doff-matte

Unknown mengatakan...

Senar nya sama kaya gitar akustik biasa kan gan?
Terus cara main nya juga?

noursakina mengatakan...

Sangat membantu nih infonya. Oya, kalau mau ganti senar string, senarnya sama kayak senar gitar, ga?

#needhelp #siapapuntolongjawab :')

Anugrah mengatakan...

uenak suarane... ga melu indonesian idol mbak..

Vera Monica mengatakan...

Kalau tuningnya disamain kaya gitar biasa apakah tidak masalah? Suaranya gimana?

Anonim mengatakan...

Gitarlele sebaiknya tetap menggunakan senar nylon karena memang tujuan pembuatan gitarnya memang dikhususkan untuk senar nylon, sama halnya dengan gitar biasa, gitar klasik tidak akan cocok menggunakan senar string(kawat) dan gitar akustik tidak akan cocok dengan senar nylon

Almahdi mengatakan...

Selain dari a ada cara steam lain enggaa bro

Unknown mengatakan...

Bagus dan lucu..

Unknown mengatakan...

Betul sekali..hebat.

Unknown mengatakan...

Aku punya guitalele tapi bunyinya gak sesuai😁
Klw pake aplikasi buat steam guitalelle ini paling bagusnya pake aplksi ap yaa?
Please dg bantuin aku😁

Adhi Nugraha mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Apa kalo gitarlele,snar no 4 smpe bawah harus pake nilon? Soalnya klo pke bukan nilon gabisa klo di setel gitar biasa.. sedangkan aku nyamannya di stel gitar biasa bukan gitar lele.. masukannya donh

Anonim mengatakan...

Pake aplikasi tuning gitar biasa aja,trus di sesuain kan ukulele urutan tuning nya ADGCEA kamu sesuain aja tiap bunyi nya kalo kurang atau lebih puterin aja